Pengaruh Promosi Kesehatan melalui Media CCE (Card of Covid-19 Education) terhadap Pengetahuan Covid-19 pada Siswa SMP Negeri 18 Kota Bengkulu

SIMANJUNTAK, HALOMOAN DP and Sumaryono, Dino and Andeka, Wisuda and Patroni, Rini and Ismiati, Ismiati (2021) Pengaruh Promosi Kesehatan melalui Media CCE (Card of Covid-19 Education) terhadap Pengetahuan Covid-19 pada Siswa SMP Negeri 18 Kota Bengkulu. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
Skripsi_Halomoan_DP_Simanjuntak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Corona Virus Disease-19 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus bernama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) atau sering disebut virus Corona. Kasus Covid-19 pertama kali dilaporkan di Wuhan, Hubei, Cina pada Desember 2019, Kasus Covid-19 secara global sebanyak 4.170.424 kasus dengan 287.399 kasus kematian. Sedangkan kasus Covid-19 di Indonesia pada Juni 2020 berjumlah 40.400 dengan jumlah kematian 2.231 jiwa. Intervensi untuk mengurangi prevalensi Covid-19 salah satunya dengan edukasi menggunakan media CCE(Card of Covid-19 Education). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh promosi kesehatan melalui media CCE (Card of Covid-19 Education) terhadap pengetahuan Covid-19 pada siswa SMPN 18 Kota Bengkulu. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan metode Quasi Experiment pretest-posttest with control group desain, mendistribusikan kuesioner melalui google form tentang Covid-19 dengan jumlah sampel 60 responden. Analisis data menggunakan uji wilcoxson signed rank tes, hasil penelitian diperoleh rerata pengetahuan Covid-19 pada kelompok intervensi adalah pretest (4,03), posttest (8,60), sedangkan pada kelompok kontrol adalah pretest (4,90), posttest (7,97). Hasil uji wilcoxson signed rank test diperoleh p value=0,000 ≤ 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh media permainan CCE terhadap pengetahuan Covid-19. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh perbedaan peningkatan skor pengetahuan pencegahan covid-19 pada kelompok perlakuan (39,88), sedangkan pada kelompok kontrol (21,12). Ada perbedaan rerata peningkatan skor pengetahuan covid-19. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pilihan alternatif intervensi kesehatan untuk promotor kesehatan dalam menyampaikan informasi tentang Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Sekolah Menengah Pertama,CCE(Card of Covid-19 Education), Ceramah Interaktif, Covid-19,Pengetahuan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: mrs Sakia Kirti
Date Deposited: 07 Feb 2022 07:04
Last Modified: 10 Dec 2024 08:45
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/757

Actions (login required)

View Item View Item