JOLANDA, INDHA MONITA and Simbolon, Demsa and Wahyu, Tetes and Darwis, Darwis and Kusdalinah, Kusdalinah (2020) Pengaruh Konseling Gizi Berbasis Audio Visual terhadap Pengetahuan, Sikap dan Tindakan dalam Pemenuhan Kebutuhan Gizi pada Balita Gizi Kurang di Wilayah Kota Bengkulu Tahun 2020. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Text
SKRIPSI_INDHA MONITA JOLANDA fix.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Abstrak:pengaruh konseling berbasis audio visual terhadap pengetahuan, sikap dan tindakan dalam pemenuhan kebutuhan gizi pada balita gizi kurang.Gizi kurang merupakan keadaan kurang zat gizi yang meliputi unsur pendek dan kurus, didefinisikan sebagai persentase anak berusia 0 sampai 59 bulan yang berat badan menurut umur (BB/U) WHO 2013. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian Pre-Eksperimen dengan pendekatan one group pretest and posttest design. Subjek penelitian ibu yang mempunyai balita gizi kurang yang berjumlah 30 orang, kelompok intervensi mendapatkan edukasi melalui media audio visual sedangkan kelompok kontrol dengan leaflet. Hasil penelitian diketahui pengetahuan, sikap dan tindakan (asupan karbohidratpeotein dan lemak) memiliki perbedaan yang signifikan sebelum dan sesudah diberikan konseling gizi menggunakan media audio visual pada ibu yang mempunyai balita gizi kurang dengan nilai (p<0,05). Saran Diharapkan bagi Puskesmas Nusa Indah dan Puskesmas Pasar Ikan sebaiknya hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai bahan evaluasi program gizi agar dapat pihak puskesmas memberikan penyuluhan dan promosi mengenai pentingnya pengetahuan ibu dan sikap ibu bagi tumbuh kembang balita.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konseling Gizi, Pengetahuan, Sikap, Tindakan, Balita Gizi Kurang |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Jurusan Gizi > D4 Gizi |
Depositing User: | mrs Sakia Kirti |
Date Deposited: | 06 Sep 2021 02:26 |
Last Modified: | 10 Dec 2024 02:42 |
URI: | http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/506 |
Actions (login required)
View Item |