Fadhillah, Abbie Novry and Sumaryono, Dino and Patroni, Rini and Andeka, Wisuda and Linda, Linda (2020) Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Media Video terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Asma pada Siswa Sdn 11 Kota Bengkulu. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
Text
abbie pdf.pdf Download (1MB) |
Abstract
Salah satu penyakit asma adalah penyakit heterogen, biasanya ditandai dengan peradangan saluran nafas kronis. Penyakit tersebut masih dijumpai pada anak usia sekolah dasar. Anak usia sekolah masih sangan rentan terkena asma dikarenakan anak lebih banyak melakukan aktivitas berlebihan sehingga menimbulkan kelelahan serta daya tahan tubuh yang sering lemah. Salah satu cara untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap anak sekolah dasar tentang penyakit asma yaitu dengan memberikan promosi kesehatan menggunakan media video terhadap pengetahuan dan sikap tentang penyakit asma pada siswa SDN 11 Kota Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan adalah Pre Experiment One Group Pretest Posttest Design. Sampel pada penelitian ini berjumlah 32 orang dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan uji Wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh rerata pengetahuan sebelum 5.28 dan sesudah 8.94, sedangkan hasil rerata sikap sebelum 30.19 dan sesudah 37.81. Hasil uji Wilcoxon diperoleh pvalue = 0.000<0.05 yang menunjukkan bahwa adanya pengaruh penggunaan media video terhadap pengetahuan dan sikap tentang penyakit asma pada siswa SDN 11 Kota Bengkulu. Diharapkan penelitian tentang penggunaan media video ini dapat dijadikan alternatif media pembelajaran pihak SDN 11 Kota Bengkulu agar dapat mendukung siswa dalam meningkatkan hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Media Video, Penyakit Asma |
Subjects: | R Medicine > R Medicine (General) |
Divisions: | Jurusan Promosi Kesehatan |
Depositing User: | mrs Sakia Kirti |
Date Deposited: | 28 Jun 2021 07:08 |
Last Modified: | 28 Jun 2021 07:08 |
URI: | http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/405 |
Actions (login required)
View Item |