Pengaruh Roleplay terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Pencegahan Karies Gigi di SDN 07 Kota Bengkulu

MONICA, RANTI TRI and Darwis, Darwis and Linda, Linda (2024) Pengaruh Roleplay terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Pencegahan Karies Gigi di SDN 07 Kota Bengkulu. Diploma thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
NEW RANTI TRI MONICA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Karies gigi merupakan penyakit jaringan gigi yang ditandai dengan kerusakan jaringan, mulai dari permukaan gigi yaitu dari email, dentin, dan meluas ke arah pulpa, WHO menyebuttkan 60-90% anak usia sekolah mengalami karies gigi, menurut riskesdas pravalensi gigi berlubang pada anak usia dini sangat tinggi sebanyak 93% dan hanya 7% anak yang bebas dari masalah gigi berlubang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode roleplay terhadap pengetahuan dan sikap tentang pencegahan karies gigi di SDN 07 Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode Pre-Eksperimental (One group pre test and post test). Populasi seluruh siswa SDN 07 Kota Bengkulu dengan jumlah 358 siswa. Teknik sampling dengan Simple Random Sampling sebanyak 32 siswa. Alat instrument berupa kuesioner. Analisis data dengan uji Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil penelitian menunjukkan angka kejadian karies gigi yaitu 52% dan rerata pengetahuan sebelum 59.06 (cukup) dan sesudah 79.06 (baik) sedangkan rerata sikap sebelum 28.84 (negatif) dan sesudah 33.72 (positif). Hasil uji Wilcoxon Signed Test pengetahuan dan sikap diperoleh P-Value = 0,000 atau < 0.05 yang menunjukan bahwa ada pengaruh metode roleplay terhadap pengetahuan dan sikap tentang pencegahan karies gigi di SDN 07 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Roleplay, Pengetahuan, Sikap, Karies Gigi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: Mrs Luthfi Nur Alfiyya
Date Deposited: 15 Dec 2025 03:33
Last Modified: 15 Dec 2025 03:33
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/3887

Actions (login required)

View Item View Item