Pengaruh Relaksasi Progresif terhadap Penurunan Kecemasan Remaja Putri Saat Mengalami Prementruasi Sindrom di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu

Nofika, Weci and Heryati, Kosma and Mariati, Mariati (2018) Pengaruh Relaksasi Progresif terhadap Penurunan Kecemasan Remaja Putri Saat Mengalami Prementruasi Sindrom di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP.pdf

Download (3MB)

Abstract

Relaksasi Progresif merupakan teknik terapi yang tidak memerlukan imajinasi dan ketekunan, tetapi berfokus pada tegang dan rileksnya otot, sehingga menyadari perbedaan perubahan saat otot ditegangkan dan dirileksasikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh relaksasi progresif terhadap penurunan kecemasan remaja putri saat mengalami premenstruasi sindrom di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan Metode penelitian kuantitatif dengan Desain penelitian Pra Eksperimental menggunakan one group Pre-Post Test. Hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat perbedaan penurunan kecemasan sebelum dan sesudah dilakukan relaksasi progresif dengan nilai p = 0,000 < 0,05, yang artinya ada pengaruh yang signifikan setelah melakukan relaksasi progresif terhadap penurunan kecemasan remaja putri saat mengalami premenstruasi sindrom di SMP Negeri 15 Kota Bengkulu Tahun 2018. Diharapkan pihak sekolah terutama pada pihak pelayanan UKS dapat melanjutkan menerapkan terapi relaksasi progresif terhadap remaja yang mengeluh akibat gejala Premenstruasi Sindrom sehingga siswi bisa merasa nyaman , menjadi rileks dan tidak mengganggu konsentrasi belajar yang membuat berkurangnya kecemasan.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Relaksasi Progresif, Penurunan Kecemasan , Premenstruasi Sindrom
Subjects: R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan dan Profesi Bidan
Depositing User: mrs Sakia Kirti
Date Deposited: 03 Jun 2021 03:10
Last Modified: 07 Jun 2021 07:04
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/274

Actions (login required)

View Item View Item