Efektivitas Edukasi Metode Game Menggunakan Media Spinta dan Flashcard terhadap Perilaku Cuci Tangan pada Anak di Sdn 07 dan 04 Bengkulu Tengah

DINING, VELLA OLIVIA and Ismiati, Ismiati and Darwis, Darwis and Ningsih, Lisma and Ervina, Lisa (2022) Efektivitas Edukasi Metode Game Menggunakan Media Spinta dan Flashcard terhadap Perilaku Cuci Tangan pada Anak di Sdn 07 dan 04 Bengkulu Tengah. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI VELLA OLIVIA DINING.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Proporsi perilaku cuci tangan dengan benar pada anak berumur 10-12 tahun di Indonesia rata-rata hanya 49.8% di Provinsi Bengkulu menunjukkan proporsi rendah dalam perilaku cuci tangan pakai sabun dengan benar dengan presentase 40%, sedangkan di Kabupaten Bengkulu Tengah menunjukkan rendahnya proporsi cuci tangan pakai sabun dengan benar dengan presentase 45%. Masih rendahnya perilaku cuci tangan pakai sabun yang benar merupakan masalah yang besar di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas edukasi metode game menggunakan media spinta dan flashcard terhadap perilaku cuci tangan pada anak di SDN 07 dan 04 Bengkulu Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi (quasy experiment). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah two group pretest-postest. Analisis pada penelitian ini melalui uji statistik kolmogorof smirnof dan uji wilcoxon dilanjutkan dengan uji Mann Whitney. Hasil analisis rerata setelah dilakukan intervensi didapatkan rerata pengetahuan, sikap dan tindakan kelompok media spinta lebih besar dari kelompok flashcard yaitu pengetahuan kelompok intevensi 7,59 kelompok kontrol 5,41 sikap kelompok intevensi 34,35 kelompok kontrol 29,86 tindakan kelompok intervensi 4,97 kelompok kontrol 3,84. Hasil penelitian ini menunjukkan media spinta lebih efektif dibanding dengan kelompok flashcard dengan pengetahuan dan sikap p value = 0,000 tindakan p value=0,014. Diharapkan agar para guru lebih meningkatkan peran aktifnya untuk menjelaskan perilaku cuci tangan pada siswa sehingga dapat meningkatkan dan mempraktekkan cuci tangan. Selain itu sekolah dapat mendukung terlaksananya cuci tangan yang baik dan benar.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Spinta, Cuci Tangan Pakai Sabun, Pengetahuan, Sikap dan Tindakan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: Mrs Anrika Rahman
Date Deposited: 09 Dec 2022 06:23
Last Modified: 10 Dec 2024 08:16
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/2384

Actions (login required)

View Item View Item