Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Audio Visual (Video) terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang

Br H, Debora Tisa and Simanjuntak, Betty Yosephin and Wahyudi, Anang (2020) Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Media Audio Visual (Video) terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang. Jurnal Kesehatan Poltekkes Kemenkes Ternate, 13 (1). pp. 19-24. ISSN 2597-7520

[img] Text
Artikel PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (320kB)
[img] Text
similirity PENGARUH EDUKASI GIZI MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL (VIDEO) TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP GIZI SEIMBANG.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejournal.poltekkesternate.ac.id/ojs/index.p...

Abstract

Penggunaan media dapat dikatakan efektif ketika komunikasi dengan media juga dapat mengubah atau mempengaruhi perilaku seseorang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi menggunakan media audio visual (video) terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada Sekolah Dasar Sint Carolus Bengkulu. Desain penelitian quasi eksperimen dengan rancangan pre-post with control group. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas V yang memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi. Semua sampel diberikan kuesioner pre dan post, kemudian diberikan edukasi berupa video. Hasil penelitian ini didapatkan ada pengaruh signifikan antara edukasi gizi dengan pengetahuan (p= 0,000) dan sikap (p= 0,022) sehingga dapat disimpulkan ada pengaruh edukasi gizi menggunakan media audio visual (video) terhadap pengetahuan dan sikap gizi seimbang pada Sekolah Dasar Sint Carolus Bengkulu.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Edukasi gizi, pengetahuan, sikap gizi seimbang
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Gizi > D4 Gizi
Depositing User: Mrs Betty Yosephin Simanjuntak
Date Deposited: 25 Mar 2021 04:07
Last Modified: 10 Dec 2024 02:38
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/188

Actions (login required)

View Item View Item