Pengaruh Pemberdayaan Peer Educator Dengan Demonstrasi Puzzle Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Gizi Seimbang Di Sma Negeri 3 Kota Bengkulu

AKBAR, ANGGUN NELA and Andeka, Wisuda and Ningsih, Lisma and Darwis, Darwis and Ismiati, Ismiati (2022) Pengaruh Pemberdayaan Peer Educator Dengan Demonstrasi Puzzle Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Remaja Tentang Gizi Seimbang Di Sma Negeri 3 Kota Bengkulu. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI ANGGUN NELA AKBAR P05170018004.pdf

Download (7MB)

Abstract

Remaja merupakan kelompok rawan yang perlu mendapat perhatian khusus terhadap berbagai masalah gizi seperti, gizi kurang dan makan berlebihan yang dapat mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangan tubuh serta dampaknya terhadap masalah gizi pada orang dewasa. Tingginya angka kejadian status gizi kurang berdampak terhadap meningkatkan prevalensi stunting pada remaja remaja di Kota Bengkulu, sehingga perlu dilakukan pencegahan. Upaya yang dapat dilakukan yaitu dengan memberikan edukasi gizi seimbang melalui pemberdayaan teman sebaya (peer educator). Metode ini paling efektif dalam memberikan edukasi untuk remaja. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberdayaan peer educator dengan demonstrasi puzzle terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang gizi seimbang di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Pre Eksperimen, dengan rancangan penelitian yang digunakan yaitu One Group Pretest-Posttest Design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/i kelas XI SMA Negeri 3 Kota Bengkulu dengan menggunakan teknik simple random sampling didapatkan jumlah responden 36 orang. Analisis data menggunakan uji wilcoxon. Hasil rerata skor pengetahuan dilakukan pemberdayaan peer educator dengan demonstrasi puzzle pada remaja tentang gizi seimbang adalah pretest (4.33) dan Posttest (9.39). sedangkan rerata sikap remaja pretest (31.22) dan posttest (35.44). Hasil uji wilcoxon didapatkan nilai p value = 0.000 ≤ 0.05 dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95%, menunjukan adanya pengaruh pengaruh pemberdayaan peer educator dengan demonstrasi puzzle terhadap pengetahuan dan sikap remaja tentang gizi seimbang di SMA Negeri 3 Kota Bengkulu. Diharapkan peer educator dapat dijadikan salah satu metode efektif dalam menyampaikan informasi kesehatan kepada siswa/i serta dapat diterapkan dalam metode belajar siswa/i.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Gizi Seimbang, Peer Educator, Pengetahuan, Sikap.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: mr Ponco Pratiknyo
Date Deposited: 03 Oct 2022 02:35
Last Modified: 03 Oct 2022 02:35
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/1647

Actions (login required)

View Item View Item