Kajian Literatur: Studi Intervensi Media Edukasi Visual dan Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Anemia di Negara Berkembang

Fadhilah, Azzahra Nur and Simanjuntak, Betty Yosephin and Haya, Miratul (2022) Kajian Literatur: Studi Intervensi Media Edukasi Visual dan Audiovisual terhadap Peningkatan Pengetahuan Remaja tentang Anemia di Negara Berkembang. Jurnal Amerta Nutrition, 6 (1). pp. 91-99. ISSN 2580-9776

[img] Text
Artikel_Kajian Literatur Studi Intervensi Media Edukasi Visual dan Audiovisual.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bukti korespondensi_artikel Azzahra.pdf

Download (252kB)
[img] Text
Peer Review_Kajian Literatur Studi Intervensi Media Edukasi Visual dan Audiovisual.pdf

Download (220kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/amnt

Abstract

Latar belakang: Peningkatan kebutuhan zat gizi pada masa remaja akibat adanya pertumbuhan dan menstruasi yang dialami remaja putri menyebabkan remaja putri rentan terkena kurang darah. Anemia merupakan kondisi yang menunjukkan kadar hemoglobin darah kurang dari standar. Rendahnya pengetahuan remaja tentang anemia merupakan salah satu faktor penyebab tidak langsung. Ada banyak jenis media yang dapat digunakan dalam menyampaikan edukasi tentang anemia baik media visual maupun audiovisual. Tujuan: Menganalisisi artikel tentang efektivitas media edukasi gizi terhadap peningkatan pengetahuan remaja dalam pencegahan anemia. Ulasan: Penelitian ini adalah studi literatur dengan mengumpulkan artikel yang memiliki relevansi terhadap topik tertentu yang bisa diperoleh dan dipublikasi di berbagai sumber. Dari sembilan artikel terdapat lima artikel yang menunjukan terjadinya peningkatan skor rata-rata pengetahuan remaja setelah diberikan edukasi dengan menggunakan media visual, satu artikel yang menunjukan terjadi peningkatan skor pengetahuan setelah diberi edukasi dengan media audiovisual, dan tiga artikel yang menunjukan bahwa setelah diberikan edukasi dengan menggabungkan media visual dan audiovisual berdampak pada peningkatan skor rata-rata pengetahuan remaja. Kesimpulan: Media visual dan audiovisual efektif digunakan secara bersamaan untuk membantu meningkatkan pengetahuan remaja dalam pemberian edukasi gizi tentang anemia. Dalam penyampaian edukasi gizi mengenai anemia pada remaja disarankan untuk menggunakan kombinasi media visual dan audiovisual secara bersamaan untuk mendapatkan hasil yang efektif.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Anemia, Media Edukasi, Pengetahuan, Remaja, Negara Berkembang
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Gizi > D4 Gizi
Depositing User: Mrs Betty Yosephin Simanjuntak
Date Deposited: 09 May 2022 03:40
Last Modified: 10 Dec 2024 01:06
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/916

Actions (login required)

View Item View Item