Efektifitas Peregangan dan Ice Breaking terhadap Pengetahuan dan Sikap Konsentrasi Belajar Daring pada Remaja SMA N 01 Kota Bengkulu

PUTRI, NOVIANTHIE RATNASARI DWI and Sumiati, Sri and Sitompul, Linda and Patroni, Rini and Ningsih, Lisma (2021) Efektifitas Peregangan dan Ice Breaking terhadap Pengetahuan dan Sikap Konsentrasi Belajar Daring pada Remaja SMA N 01 Kota Bengkulu. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI NOVIANTHIE FINALLLL baru-dikonversi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Belajar merupakan suatu aktivitas fisik dan psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan yang menghasilkan perubahan-perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan sikap. Pembelajaran merupakan proses transfer ilmu antara guru kepada siswa yang dilakukan melalui berbagai kegiatan. Dalam situasi pandemi Covid-19 proses belajar harus tetap berjalan akan tetapi pengajaran tatap muka tidak bisa dilakukan bahkan dilarang. Konsentrasi belajar merupakan pemusatan fungsi jiwa dan pemikiran seseorang terhadap objek yang berkaitan dengan belajar (penerimaan informasi tentang pelajaran) di mana konsentrasi belajar ini sangat penting dalam proses pembelajaran karena merupakan usaha dasar untuk dapat mencapai prestasi belajar yang lebih baik. Proporsi nasional aktivitas fisik kurang pada umur >10 tahun adalah 33,5% dan aktivitas fisik cukup adalah sebanyak 66,5%, sedangkan di Bengkulu, aktivitas fisik cukup pada umur >10 tahun adalah 72,8% dan aktivitas fisik kurang adalah 27,2%. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas peregangan dan ice breaking terhadap konsentrasi belajar daring pada remaja. Desain penelitian ini dengan kuantitatif dengan rancangan quasi eksperimental dengan pre and post Test Kelompok intervensi dan kontrol adalah siswa/siswi SMA yang diberikan peregangan dan diberikan Ice Breaking untuk melihat konsentrasi belajar daring. Hasil penelitian didapatkan rerata pengetahuan kelompok intervensi (4.58) dan kelompok kontrol (3.69) dengan beda mean 0.89. Hasil uji statistik p = 0,04 lebih kecil dari nilai a =0,05 menunjukan bahwa edukasi melalui peregangan lebih efektif meningkatkan pengetahuan remaja terhadap konsentrasi belajar. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu media referensi dalam memberikan edukasi tentang konsentrasi belajar daring pada remaja SMA.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Peregangan, Ice Breaking, Konsentrasi Belajar Daring
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: mrs Sakia Kirti
Date Deposited: 15 Feb 2022 04:38
Last Modified: 15 Feb 2022 04:38
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/796

Actions (login required)

View Item View Item