Pengaruh Simulation Game melalui Molevid (Monopoli Puzzle Covid) terhadap Pengetahuan Pencegahan Covid-19 pada Anak Sekolah Dasar Kelas IV di SD N 20 Kota Bengkulu Tahun 2021

PUSPASARI, WENI and Sitompul, Linda and Sumaryono, Dino and Simbolon, Demsa and Ningsih, Lisma (2021) Pengaruh Simulation Game melalui Molevid (Monopoli Puzzle Covid) terhadap Pengetahuan Pencegahan Covid-19 pada Anak Sekolah Dasar Kelas IV di SD N 20 Kota Bengkulu Tahun 2021. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI WENI LENGKAP.pdf

Download (5MB)

Abstract

Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) adalah penyakit menular yang disebabkan oleh Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-Cov-2). Covid-19 mengalami berbagai macam dampak mulai dari sektor ekonomi, pembelajaran, dan UMKM. Kasus Covid-19 mencapai terkonfirmasi 450 kasus, yang terdiri dari sembuh 251, dalam pemantauan 169 dan meninggal 30 jiwa diantaranya umur 5-14 tahun sebanyak 17 kasus. Tingginya angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh covid-19 yaitu karena ketidaktahuan ataupun kurangnya informasi yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh simulation game melalui MOLEVID terhadap pengetahuan pencegahan covid-19 pada anak sekolah dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan Quasi Experiment desain penelitiandan penelitian pretest-posttest design with control group. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV 60 yang dibagi menjadi dua kelompok dengan teknik simple random sampling. Analisis data menggunakan uji wilcoxson signed rank tes, hasil penelitian diperoleh rerata pengetahuan pencegahan covid-19 pada kelompok perlakuan adalah pretest (6,27), posttest (8,83), sedangkan pada kelompok kontrol adalah pretest (5,80), posttest (7,13). Hasil uji wilcoxson signed rank test diperoleh p value=0,000 ≤ 0,05 yang menunjukkan ada pengaruh media permainan MOLEVID terhadap pengetahuan pencegahan covid-19. Hasil uji Mann-Whitney diperoleh perbedaan peningkatan skor pengetahuan pencegahan covid-19 pada kelompok perlakuan (41,05), sedangkan pada kelompok kontrol (19,95). Ada perbedaan rerata peningkatan skor pengetahuan pencegahan covid-19. Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan salah satu alternatif media pembelajaran dikelas agar pengetahuan pada anak sekolah dasar meningkat sehingga dapat mencegah covid-19 serta peneliti berikutnya dapat mengembangkan variabel penelitian disamping variabel yang sudah ada.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: MOLEVID (Monopoli Puzzle Covid), Ceramah Interaktif, Covid-19, Pengetahuan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: mrs Sakia Kirti
Date Deposited: 07 Feb 2022 06:45
Last Modified: 07 Feb 2022 06:45
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/756

Actions (login required)

View Item View Item