Pengaruh E-Bolevid (Booklet Covid) terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Covid-19 pada Siswa SMA N 7 Kota Bengkulu Tahun 2021

ELVINA, INDRI and Patroni, Rini and Marsofely, Reka Lagora and Darwis, Darwis and Linda, Linda (2021) Pengaruh E-Bolevid (Booklet Covid) terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Covid-19 pada Siswa SMA N 7 Kota Bengkulu Tahun 2021. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI INDRI ELVINA LENGKAP.doc

Download (3MB)

Abstract

Latar Belakang: Corona Virus Disease-19 (Covid-19) merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus bernama Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-COV-2) atau sering disebut virus Corona. Kasus Covid-19 pertama kali dilaporkan di Wuhan, Hubei, Cina pada Desember 2019, dan pada 11 Maret 2020 Word Health Organization (WHO) menyatakan bahwa Covid-19 telah menjadi penyakit pandemi diseluruh dunia.Tingginya angka kesakitan dan kematian yang diakibatkan oleh covid-19 yaitu karena ketidaktahuan informasi sehingga dibutuhkan adanya sosialisasi dan upaya promosi kesehatan secara efektif agar terdapat perubahan dalam pencegahan. Kasus Covid-19 secara global sebanyak 4.170.424 kasus dengan 287.399 kasus kematian. Sedangkan kasus Covid-19 di Indonesia pada Juni 2020 berjumlah 40.400 dengan jumlah kematian 2.231 jiwa. Intervensi untuk mengurangi prevalensi Covid-19 salah satunya dengan edukasi menggunakan metode E-BOLEVID (Booklet Covid). Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh E-BOLEVID (Booklet Covid) terhadap pengetahuan dan sikap tentang Covid-19 pada siswa SMAN 7 Kota Bengkulu. Metode dan Hasil: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, desain penelitian yang digunakan metode Pre Eksperimental (One group pre test and post tes), mendistribusikan kuesioner melalui google form tentang Covid-19 dengan jumlah sampel 52 responden. Pengambilan sampel menggunakan random sampling, dianalisis melalui uji statistik kolmogorof smirnof dilanjutkan dengan uji wilcoxon. Hasil analisis rerata pengetahuan siswa tentang Covid-19 adalah pre test (6,13), post test (9,37) sedangkan hasil analisis rerata sikap siswa tentang Covid-19 adalah pre test (27,90), post test (37,12). Hasil penelitian ini menunjukkan ada pengaruh peningkatan skor pengetahuan dan sikap siswa yang diberikan E-BOLEVID (Booklet Covid) dengan p value= 0,000. Rekomendasi: Penelitian ini diharapkan dapat dijadikan pilihan alternatif intervensi kesehatan untuk promotor kesehatan dalam menyampaikan informasi tentang Covid-19.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: E-BOLEVID (Booklet Covid), Covid-19, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: mrs Sakia Kirti
Date Deposited: 04 Feb 2022 08:39
Last Modified: 04 Feb 2022 08:39
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/752

Actions (login required)

View Item View Item