Pengaruh Edukasi Menarche dengan Media Video Learning Multimedia (VLM) terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswi di SDN 77 Kota Bengkulu Tahun 2023

KHAIRUNNISA, FADILA (2024) Pengaruh Edukasi Menarche dengan Media Video Learning Multimedia (VLM) terhadap Pengetahuan dan Sikap Siswi di SDN 77 Kota Bengkulu Tahun 2023. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
Skripsi Complete.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Masa remaja merupakan masa peralihan dari masa anak-anak menjadi dewasa. Pada masa ini terjadi perubahan dari berbagai aspek seperti fisik, psikologis dan fisiologis. Salah satu perubahan fisiologis anak perempuan ditandai dengan menarche. Sebagian anak perempuan merasa takut ketika menghadapi menarche, hal ini dikarenakan kurangnya informasi dan anggapan mereka bahwa menarche adalah suatu penyakit. Dampak yang ditimbulkan adalah kecemasan dan persepsi negatif tentang menarche. Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh edukasi menarche dengan media Video Learning Multimedia (VLM) pengetahuan dan sikap siswi di SDN 77 Kota Bengkulu. Desain penelitian Quasy Experimental dengan rancangan pre-post test design with control group. Penelitian dilakukan di SDN 77 Kota Bengkulu pada bulan November–Desember 2023. Sebanyak 34 siswi kelas V dibagi menjadi 2 kelompok yakni 17 siswi kelompok intervensi (media VLM) dan 17 siswi kelompok kontrol (media leaflet) yang dipilih berdasarkan teknik purposive sampling. Analisis data menggunakan uji beda rata-rata dua kelompok, data pengetahuan dengan uji wilcoxon dan uji mann-whitney, sementara data sikap dengan uji dependent t-test dan uji independent t-test. Hasil uji statistik menunjukkan rata-rata pengetahuan kelompok intervensi pretest 32,16 dan posttest 89,02, sementara kelompok kontrol pretest 31,76 dan posttest 78,43 dengan hasil uji wilcoxon nilai p-value sebesar 0,001. Rata-rata sikap pada kelompok intervensi pretest 59,22 dan posttest 84,51, sementara kelompok kontrol pretest 56,96 dan posttest 79,51 dengan hasil uji dependent t-test nilai p-value sebesar 0,001 sehingga terdapat perbedaan rata-rata pengetahuan dan sikap tentang menarche sebelum dan sesudah diberikan edukasi melalui media Video Learning Multimedia (VLM) maupun media leaflet. Kesimpulan penelitian adalah pendidikan kesehatan mampu meningkatkan pengetahuan dan sikap siswi tentang menarche, namun pendidikan kesehatan menggunakan media Video Learning Multimedia (VLM) lebih efektif dan dan lebih diminati siswi.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Menarche, Video Learning Multimedia, Pengetahuan, Sikap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RG Gynecology and obstetrics
Divisions: Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan dan Profesi Bidan
Depositing User: Mrs Sakia Kirty
Date Deposited: 02 Jan 2025 04:52
Last Modified: 02 Jan 2025 04:52
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/3378

Actions (login required)

View Item View Item