Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Prakonsepsi Melalui Edukasi Seribu Hari Pertama Kehidupan: Studi Kuasi-Eksperimental

Simanjuntak, Betty Yosephin and Wahyudi, Anang (2021) Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Ibu Prakonsepsi Melalui Edukasi Seribu Hari Pertama Kehidupan: Studi Kuasi-Eksperimental. Jurnal Media Gizi Indonesia, 16 (2). pp. 96-105. ISSN 2540-8410

[img] Text
Artikel PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU PRAKONSEPSI MELALUI EDUKASI SERIBU HARI PERTAMA KEHIDUPAN_ STUDI KUASI-EKSPERIMENTAL.pdf

Download (298kB)
[img] Text
Similirity PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU PRAKONSEPSI MELALUI EDUKASI SERIBU HARI PERTAMA KEHIDUPAN_ STUDI KUASI-EKSPERIMENTAL.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Peer Review PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU PRAKONSEPSI MELALUI EDUKASI 1000 HPK.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Koresponding_PENINGKATAN PENGETAHUAN DAN SIKAP IBU PRAKONSEPSI MELALUI EDUKASI 1000 HPK.pdf - Other

Download (389kB)
Official URL: https://e-journal.unair.ac.id/MGI/article/view/208...

Abstract

Stunting adalah salah satu masalah gizi pada anak yang manifestasinya dimulai sejak masa prakonsepsi. Intervensi sensitif merupakan program di luar sektor kesehatan yang dapat mempercepat perbaikan gizi khususnya stunting. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan sikap calon pengantin (catin) wanita terkait 1000 Hari Pertama Kehidupan (1000 HPK) sehingga memiliki peran dalam mencegah stunting. Penelitian ini merupakan studi kuasi eksperimen pada dua kelompok intervensi. Subyek adalah catin wanita yang sudah terdaftar, yang terdiri dari 60 catin wanita yang diberikan edukasi 1000 HPK menggunakan media leafl et dan 60 catin wanita menggunakan buku saku. Edukasi dilakukan oleh petugas KUA di 6 Kantor Urusan Agama (KUA). Pengetahuan catin wanita pada kelompok leafl et tidak menunjukkan perbedaan yang nyata sebelum dan sesudah edukasi khususnya pada pengetahuan terkait materi Kekurangan Energi Kronis (KEK) (p=0,791), anemia (p=0,503), Inisiasi Menyusu Dini (IMD) (p=0,581), ASI Eksklusif (p=0,832), MP-ASI (p=1,000), dan stunting pada anak (p=0,327). Pada kelompok buku saku, peningkatan pengetahuan catin wanita lebih baik dibanding kelompok leafl et, khususnya pada materi anemia (p<0,001), IMD (p=0,002), ASI Eksklusif (p=0,021), dan stunting pada anak (p=0,05). Sementara peningkatan sikap untuk semua materi edukasi dengan menggunakan buku saku meningkat dengan p value < 0,05. Kesimpulan penelitian ini adalah edukasi dengan menggunakan buku saku 1000 HPK dapat meningkatkan pengetahuan dan skor sikap catin wanita.

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: edukasi, 1000 HPK, pengetahuan, sikap, prakonsepsi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Gizi > D4 Gizi
Depositing User: Mrs Betty Yosephin Simanjuntak
Date Deposited: 07 Jun 2021 09:02
Last Modified: 04 Jan 2022 04:37
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/318

Actions (login required)

View Item View Item