Efektivitas Pengetahuan Remaja tentang Hygiene Menstruasi Merubah Perilaku Kelompok Peer Group

Hartini, Lela and Mariati, Mariati and Mizawati, Afrina and Andriani, Lusi (2022) Efektivitas Pengetahuan Remaja tentang Hygiene Menstruasi Merubah Perilaku Kelompok Peer Group. JURNAL KESEHATAN – PROCEEDING 1STANDALAS INTERNATIONAL CONFERENCE OF MIDWIFERY (AICM) MEDICAL FACULTY, UNIVERSITAS ANDALAS, 13. pp. 26-31. ISSN 2085-7098

[img] Text
Efektifitas Menstruasi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (602kB) | Request a copy
[img] Text
Similarity_Efektivitas Pengetahuan Remaja Tentang Hygiene Menstruasi Merubah Perilaku Kelompok Peer Group-.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://ejurnal.stikesprimanusantara.ac.id/index.ph...

Abstract

Latar belakang : Usia rata-rata menstruasi yang pertama di Indonesia adalah 12 tahun (27,7%).Dampak yang terjadi ketika tidak menjaga hygiene saat menstruasi adalah beresiko ISR 1,66 kali dibanding mereka yang menjaga higiene menstruasi. Tujun : untuk mengetahui Pengaruh Media Video dan buku saku terhadap perubahan perilaku kelompok peer group education tentang personal hygiene saat menstruasi. Metode : Jenis penelitian yang digunakan yaitu pra eksperiment dengan desaian penelitian quasi eksperimen Pretest and Posttest Desain. Rancangan penelitian menggunakan 2 kelompok yaitu dengan menggunakan Media Video dan media Buku Saku. Jumlah sampel perkelompok masing-masing 30 responden. Uji Statistik yang digunakan Uji Willcoxon, analisis multivariate menggunakan analisis Mancova. Hasil penelitian : Karakteristik remaja (Usia menarche, Pekerjaan Orang Tua dan penghasilan Orang tua), pada kelompok media video dan buku saku sebagian dari responden berusia 15-16 tahun, sebagian dari pekerjaan orang tua responden adalah PNS. Terdapat perubahan rata-rata skor Pengetahuan, sikap dan perilaku sebelum dan sesudah diberikan edukasi melalui Video setelah intervensi adalah 9.03 dengan standar deviasi 0.890, rerata skor Sikap setelah intervensi adalah 36.27 dengan sd 1.112. Hasil uji statistik didapatkan nilai p = 0.000 < dari nilai α = 0.05. Kesimpulan : Ada perbedaan yang signifikan antara skor pengetahuan, sikap dan perilaku sebelum dan sesudah diberi intervensi

Item Type: Article
Uncontrolled Keywords: Media Video; Media Buku Saku; Perilaku; Peer Group;
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Jurusan Kebidanan > D4 Kebidanan dan Profesi Bidan
Depositing User: Mrs Lela Hartini
Date Deposited: 27 Feb 2023 03:30
Last Modified: 10 Dec 2024 03:19
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/2601

Actions (login required)

View Item View Item