Pengaruh Edukasi dengan Metode Permainan Rotar (Roda Putar) terhadap Perilaku Protokol Kesehatan Covid-19 pada Anak SD 35 Kota Bengkulu

AMANDA, TIARA and Darwis, Darwis and Lagora, Reka and Sumaryono, Dino and Ervina, Lisa (2022) Pengaruh Edukasi dengan Metode Permainan Rotar (Roda Putar) terhadap Perilaku Protokol Kesehatan Covid-19 pada Anak SD 35 Kota Bengkulu. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TIARA 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Coronavirus disease 2019 (Covid-19) adalah keluarga besar virus yang menyebabkan penyakit mulai dari gejala ringan sampai berat. merupakan jenis penyakit baru yang belum pernah terdeteksi pada manusia sebelumnya.Virus Covid-19 dapat menyebabkan infeksi saluran pernapasan pada manusia, mulai dari flu biasa, seperti pilek, sakit tenggorokan, batuk, demam, dan pneumonia atau sesak napas. Jenis penelitian ini menggunakan desain eksperimen (pre-post test design with one group) populasi berjumlah 30 orang. Pengambilan sampel menggunakan one group dan dilakukan uji shapiro wilk lalu dianalisis melalui uji wilcoxon. Hasil penelitian diperoleh rerata pengetahuan sebelum (3.70) dan sesudah (9.60) sedangkan rerata sikap sebelum (16.77) dan sesudah (39.27), penerapan sebelum (3.77) dan sesudah (9.47). Hasil uji Wilcoxon juga menunjukkan adanya pengaruh peningkatan skor pengetahuan, sikap dan penerapan siswa yang diberikan media Rotar (roda putar) dengan p value = 0,000 < dari 0,05. Diharapkan media Rotar dapat dikembangkan lagi dalam metode pembelajaran yang lain yang lebih membangkitkan minat belajar agar pengetahuan,sikap, dan penerapan protokol Covid-19 pada anak Sekolah Dasar dapat meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Permainan ROTAR, Protokol Kesehatan Pada Anak Sekolah Dasar.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: Mrs Anrika Rahman
Date Deposited: 09 Dec 2022 03:31
Last Modified: 10 Dec 2024 08:13
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/2378

Actions (login required)

View Item View Item