Pengaruh Permainan Edukatif Puzvid (Puzzle Covid) terhadap Perilaku Protokol Kesehatan Aanak di SD Negeri 81 Kota Bengkulu

ANDRYANI, TRI EKA and Darwis, Darwis and Ningsih, Lisma and Ervina, Lisa and Patroni, Rini (2022) Pengaruh Permainan Edukatif Puzvid (Puzzle Covid) terhadap Perilaku Protokol Kesehatan Aanak di SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI TRI EKA ANDRYANI_2022.pdf

Download (5MB)

Abstract

Tingginya kasus Covid-19 pada anak terutama pada usia SD dan Kurangnya kesadaran siswa dalam menerapkan protokol kesehatan dapat meningkatkan resiko tertular Covid-19, salah satu upaya meningkatkan kesadaran siswa dalam penerapan protokol kesehatan adalah dengan melakukan edukasi mengenai protokol kesehatan dalam pencegahan penyebaran Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode permainan edukatif Puzvid (Puzzle Covid) terhadap perilaku tentang protokol kesehatan anak di SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimen dengan desain penelitian menggunakan rancangan One Group Pre-test dan Post-test. Populasi pada penelitian ini adalah siswa/i kelas III SD Negeri 81 Kota Bengkulu dengan menggunakan teknik simple random sampling didapatkan jumlah responden sebanyak 33 orang. Analisis data pada penelitian ini melalui uji statistik shapiro wilk dan uji Wilcoxon. Hasil rerata skor penerapan dilakukan permainan edukatif Puzvid pada siswa SD Negeri 81 Kota Bengkulu pretest belum menerapkan (1,64) dan posttest telah menerapkan (3,33), rerata pengetahuan pretest baik (8,61) dan posttest sangat baik (9,91). Sedangkan pada rerata sikap pretest negatif (29,86) dan posttest positif (37,55). Hasil uji Wilcoxon didapatkan nilai p value = 0.000 ≤ 0.05 dengan menggunakan tingkat kepercayaan 95%, menunjukkan bahwa ada pengaruh permainan edukatif Puzvid (Puzzle Covid) terhadap pengetahuan, sikap dan penerapan tentang protokol kesehatan anak di SD Negeri 81 Kota Bengkulu. Diharapkan agar pihak sekolah dapat melakukan pemantauan dan pemberian sanksi kepada siswa yang tidak menerapkan protokol keehatan. Dan media Puzvid (Puzzle Covid-19) dapat dijadikan salah satu media pembelajaran dikelas untuk memberikan promosi kesehatan agar pengetahuan, sikap dan penerapan anak mengenai protokol kesehatan meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Protokol Kesehatan, Puzzle, Perilaku.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Promosi Kesehatan
Depositing User: mrs Sakia Kirti
Date Deposited: 08 Dec 2022 02:28
Last Modified: 08 Dec 2022 02:28
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/2358

Actions (login required)

View Item View Item