Pengaruh Edukasi Gizi melalui Media Video Animasi terhadap Pengetahuan, Pola Konsumsi dan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Telaga Dewa Kota Bengkulu Tahun 2022

NURMALA SARI, ADIN and Meriwati, Meriwati and Suryani, Desri and Okfrianti, Yenni and Nurhayati, Nurhayati (2022) Pengaruh Edukasi Gizi melalui Media Video Animasi terhadap Pengetahuan, Pola Konsumsi dan Status Gizi pada Anak Sekolah Dasar di Wilayah Kerja Puskesmas Telaga Dewa Kota Bengkulu Tahun 2022. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI_ADIN NURMALA SARI.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar Belakang: Rendahnya konsumsi sayur dan buah berkaitan dengan meningkatnya risiko gangguan pada mata, dan berdampak kurang konsentrasi pada anak. Anak sekolah dasar memiliki karakteristik suka mengonsumsi makanan tinggi kalori dan rendah serat sehingga mengakibatkan perbedaan status gizi pada anak, sebesar 45,5% siswa memiliki status gizi lebih, dan tingkat kekurangan konsumsi sayur dan buah masing-masing 90,9% dan 68,1%. Tujuan penelitian untuk melihat pengaruh edukasi gizi melalui media video animasi terhadap pengetahuan, konsumsi serat dan status gizi pada siswa sekolah dasar di wilayah kerja Puskesmas Telaga Dewa Kota Bengkulu Tahun 2022. Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimental Design, perencanaan yang digunakan adalah Pre-Post Test With Control Group. Sampel yang digunakan sebanyak 44 responden pada kelompok kontrol dan 44 responden pada kelompok intervensi. Intervensi dengan media video animasi dilakukan selama 3 minggu. Instrumen penelitian ini adalah kuesioner pretest - posttest, dan foto buku makanan. Uji yang digunakan adalah uji Wilxocon dan Man whitney dengan tingkat signifikan ɑ=0,05. Hasil: Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh terhadap pengetahuan dan pola konsumsi pada siswa sekolah dasar d wilayah kerja Puskesmas Telaga Dewa setelah diberikan edukasi melaui medai video animasi didapatkan p-value 0,000 dan p-value 0,045, tetapi tidak ada pengaruh pada status gizi berdasarkan indeks massa tubuh per umur dengan p-value 0,060. Kesimpulan: Ada pengaruh edukasi gizi melalui media video animasi terhadap pengetahuan dan pola konsumsi. Media video animasi dapat direkomendasikan sebagai media komunikasi yang efektif karena dapat memuat banyak informasi tentang materi edukasi yang mudah dipahami.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci: Anak Sekolah Dasar, Sayur, Buah, Pengetahuan, Pola Konsumsi, Status Gizi, Edukasi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Gizi > D4 Gizi
Depositing User: Mrs Anrika Rahman
Date Deposited: 21 Oct 2022 00:46
Last Modified: 21 Oct 2022 00:46
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/2123

Actions (login required)

View Item View Item