Hubungan Status Oral Hygiene Dengan Status Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Di Kota Bengkulu Tahun 2018

NUGROHO, DIMAS CATUR and Husni, Husni and Idramsyah, Idramsyah and Mardiani, Mardiani and Pardosi, Sariman (2019) Hubungan Status Oral Hygiene Dengan Status Gizi Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 11 Di Kota Bengkulu Tahun 2018. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
SKRIPSI- DIMAS CATUR.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kebersihan gigi dan mulutmerupakan bagian penting dari kesehatan tubuh secara umum. Kebersihan gigi dan mulut meliputi suatu keadaan dimana gigi geligi dalam keadaan bersih, bebas dari plak, debris, karang gigi dan sisa makanan serta tidak tercium bau busuk dari mulut. Tujuan penelitian mengetahui hubungan status oral hygiene dengan status gizi siswa SD N 11 Kota Bengkulu. Metode penelitian kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 11 Kota Bengkulu sebanyak 105 orang. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik total sampling. pengumpulan data menggunakan data primer dan sekunder. Analisis data penggunakan analisis univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Fisher's Exact Test. Hasil penelitian sebagian besar berat badan responden 33,38 kg, sebagian besar umur responden 10,33 tahun, sebagian besar tinggi badan responden 138,22 cm. Status oral hygiene sebanyak 90,4% dengan kategori baik dan 9,6% dengan kategori buruk.Status gizi sebanyak 66,3% dengan kategori normal, 33,7% dengan kategori gizi lebih (gemuk atau obesitas) sedangkan kategori kurang (sangat kurus dan kurus) tidak ditemukan.Tidak ada hubungan status oral hygiene dengan status gizi siswa SD N 11 Kota Bengkulu.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Status Oral Hygiene, Status Gizi
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Keperawatan > D4 Keperawatan dan Profesi Ners
Depositing User: mr Ponco Pratiknyo
Date Deposited: 10 Oct 2022 09:09
Last Modified: 10 Oct 2022 09:09
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/1672

Actions (login required)

View Item View Item