Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang dengan Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Gizi pada Remaja di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu Tahun 2021

LORENZA, PUTRI and Rizal, Ahmad and Krisnasary, Arie and Haya, Miratul and Wahyudi, Anang (2021) Pengaruh Edukasi Gizi Seimbang dengan Menggunakan Media Video Terhadap Pengetahuan Gizi pada Remaja di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu Tahun 2021. Other thesis, Poltekkes Kemenkes Bengkulu.

[img] Text
PUTRI LORENZA.pdf

Download (2MB)

Abstract

v Program Studi Diploma III Gizi Poltekkes Kemenkes Bengkulu Karya Tulis Ilmiah, Juni 2021 Putri Lorenza PENGARUH EDUKASI GIZI SEIMBANG DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA VIDEO TERHADAP PENGETAHUAN GIZI PADA REMAJA DI SMP NEGERI 19 KOTA BENGKULU TAHUN 2021 xv + 51 Halaman, 6 Tabel, 8 Lampiran ABSTRAK Pengetahuan gizi merupakan landasan perilaku gizi dari seseorang dan akan berefek pada asupan makanan serta status gizi. Khususnya pada remaja harus diperhatikan pengetahuan gizi yang berdampak pada asupan makanan dan berujung pada status gizinya. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh edukasi gizi seimbang dengan menggunakan media video terhadap pengetahuan gizi pada remaja di SMP Negeri 19 Kota Bengkulu Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah quasy exsperimental dengan rancangan pretest – posttest with control group design. Populasi penelitian ini siswa kelas VIII, jumlah sampel sebanyak 30 siswa SMP N 19 Kota Bengkulu diambil dengan metode Simple Random Sampling. Pembagian kelompok inervensi dan kontrol dilakukan secara random. Analisis data menggunakan Paired t–test dan Independet t-test. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan gizi dengan nilai rata-rata skor pengetahuan sebelum diberikan edukasi pada kelompok intervensi adalah 7,2 dan kelompok kontrol adalah 6,47 dan nilai rata-rata skor pengetahuan sesudah diberikan edukasi pada kelompok intervensi adalah 13 dan kelompok kontrol adalah 11,47. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai p untuk pengetahuan gizi kelompok intervensi dan kemlokpok kontrol adalah 0,000 (p<0,05) maka dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan pengetahuan gizi yang signifikan sebelum diberikan dan sesudah diberikan edukasi pada masing-masing kelompok. Saran penelitian ini adalah diharapkan siswa dapat memahami dan mengaplikasian pesan gizi seimbang bagi remaja menggunakan media video dalam kehidupan sehari-hari. Bagi pihak sekolah dan dinas kesehatan diharapkan agar dapat menggunakan media video untuk mengedukasi gizi kepada siswa-siswi yang ada disekolah.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci :Edukasi Gizi Seimbang, Video, Remaja
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions: Jurusan Gizi > D3 Gizi
Depositing User: mrs Sakia Kirti
Date Deposited: 01 Sep 2022 02:54
Last Modified: 01 Sep 2022 02:54
URI: http://repository.poltekkesbengkulu.ac.id/id/eprint/1124

Actions (login required)

View Item View Item